Tidak berubah

Masihkah ingat, semester lalu kawan ?
Seharian menantang panas, demi sebuah berita yang sebenarnya menjadi syarat kelulusan sebuah mata kuliah. Tapi apa ? Semester lalu ya semester lalu.

Plagiarisme merupakan tindakan curang yang harus dihindari oleh siapapun itu. Yang namanya plagiat, itu sama saja dengan pencuri, perampok kreativitas orang lain. Perlukah kita sebagai mahasiswa menghargai adanya kreativitas orang lain ? Jawabannya tentu saja. Bagaimana kita mampu dihargai apabila tulisan kita sendiri ternyata plagiat.

Oke, beralih ke kehidupan kuliah yang pernah dialami. Untuk kesekalian kalinya, saya mengucapkan KECEWA. Pada siapa ? Kepada mereka yang belum menemukan siapa pelaku plagiat itu. Terus terang, iri hati merupakan tindakan yang kekanak-kanakkan, tapi adil merupakan sikap yang harus dilakukan di bidang apapun itu, khususnya pendidikan. Pembicaraan ini terlihat berputar-putar, maka akan dipersingkat saja. 
Siapapun tahu bahwa plagiat itu tindakan yang buruk. Pelakunya pun pasti akan dibenci, apalagi diperparah jika tugas itu menyangkut nama kelompok. Ujung-ujungnya, nama kelompok yang akan disebut plagiat. Sayangnya pelakunya mendapat nilai yang sempurna.

Wow, luar biasa. Dia plagiat tapi mendapat nilai yang bagus.

Sayang sekali, ini sangat disayangkan. Mereka yang berjuang keras hanya mendapat nilai yang biasa. Lalu permasalahannya bagaimana kelanjutan dari pendidikan ini jika dia mendapat nilai yang bagus hanya karena plagiat. Bisa dikatakan belum ada yang mengetahui siapa yang melakukan plagiat. Namun, bagi mereka yang JUJUR ini akan sangat menyakitkan. Bukan begitu teman-teman ?
Jangan salahkan kami, bila kami sendiri yang menghukum. Kenapa ? Agar berubah. Tapi sepertinya semester ini akan semakin sulit baginya. Bagaimana ia sesuka hati tapi IP BAGUS. Waw, sangat menyakitkan.
Dan sangat berbahaya melawanku ini. Mungkin aku bukan orang yang terkenal sepertimu, tapi aku bukan orang yang mudah menyerah. Aku akan berjuang untukku sendiri dan teman-teman yang juga memiliki visi dan misi yang sama. Hai plagiator mengapa hidupmu sangat menyenangkan ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aaaaaaaaaaaaaaaaarrgh !!

KKN itu (2)

Cinta (Rose) Ala LEE HI